Sejarah

 

 

Sejarah SMA Negeri 1 Cibinong, dimulai sekitar tahun 1976 yang berlokasi di jalan Mayor Oking Jayaatmaja No. 73. Sejak berdirinya SMA Negeri 1 Cibinong sampai sekarang sekian banyak kepala sekolah yang dipercaya untuk membina dan memimpin SMA Negeri 1 Cibinong adalah sebagai berikut :

  1. Drs. Djuhdi
  2. Drs. Pangkorsmijoto. Pr
  3. Drs. Ngatidjo
  4. Drs. Lukmanul Hakim SA
  5. Drs. Wirya Jayaatmaja
  6. Drs. Irlan Samadi
  7. Dra. Hj. Maryati
  8. Drs. Ali Rohman, M.M
  9. Drs. H. Dedi Supriadi, M.Pd
  10. Dra. Tri Utami, M.M.
  11. Drs. H. Ayi Kosasih, M.Pd

 

SMA Negeri 1 Cibinong mempunyai nomor induk statistik sekolah (NSS) 301020520001 dengan luas lahan 4.845 m berlokasi di jalan Mayor Oking Jayaatmaja No. 73 Kelurahan Ciriung Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Kode Pos 16918 Telepon/Fax. (021) 8752614.

Pada saat ini penyelenggara kependidikan diimplementasikan melalui UU No. 22 tahun 1999 tentang Otonomi Pemerintah Daerah bidang Pendidikan, dan UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 serta berdasarkan SK Mendiknas No. 053/U/2001 tanggal 19 april 2001 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Minimal Penyelenggaraan Persekolahan bidang Pendidikan Dasar dan Menengah, yang dipergunakan sebagai dasar acuan utama untuk melaksanakan proses kegiatan belajar mengjar secara formal dan non formal.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta arus informasi pendidikan yang berjalan cepat, perlu diimbangi oleh peningkatan dan pengembangan kualitas tenaga pendidikan melalui pendidikan formal, informal dan non formal dengan harapan agar dapat memberikan pelayanan yang optimal sehingga mampu bersaing dan memiliki rasa percaya diri, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam mempersiapkan dirinya untuk menghadapi perkembangan dan tantangan masa depan.

Oleh karena itu SMA Negeri 1 Cibinong memerlukan dukungan moril dan materil berbagai pihak ”stake holder” terkait (pemerintah penyelenggaraan kependidikan, masyarakat peserta pendidikan, masyarakat pengguna hasil pendidikan dan masyarakat pemerhati pendidikan), agar dapat berkembang lebih maju secara internal dan eksternal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk menyelenggarakan proses didik ke pintu jenjang pendidikan berikutnya secara profesional, bermutu, dan bertanggung jawab, serta menjadikan SMA Negeri 1 Cibinong sebagai sekolah yang memiliki kualitas pelayanan sekolah berstandar nasional.